regulator gas elpiji

TIPS MEMILIH REGULATOR GAS ELPIJI YANG AMAN

Regulator gas elpiji merupakan salah satu penyebab utama meledaknya kompor gas elpiji. Untuk menghindarinya,anda harus berhati-hati dalam memilih regulator gas elpiji. Jangan sembarangan  membeli regulator karena asset anda yang sangat berharga (rumah,harta benda,dan keluarga anda) menjadi taruhannya. Jangan membeli regulator dengan hanya mengutamakan harganya yang murah meriah atau asal ada saja.

Anda harus memperhatikan beberapa hal penting ketika membeli regulator. Sebagai bahan pertimbangan,saya tuliskan beberapa tips ketika anda hendak membeli regulator gas elpiji yang aman.

Tips memilih regulator gas elpiji yang aman

1.       Pastikan regulator yang anda pilih atau yang akan anda beli sudah ada tanda SNI  nya.

Saat ini,regulator gas elpiji sudah banyak beredar di pasaran. Sehingga kadang-kadang kita bingung memilih mana regulator yang bagus. Tips yang pertama adalah dengan melihat tanda SNI,karena regulator itu berarti sudah teruji, terdaftar dan diakui oleh pemerintah. Tapi tanda SNI saja belum cukup,karena sekarang banyak pemalsuan tanda SNI. Jadi anda masih harus berhati-hati lagi.

2.       Jangan tergiur dengan harga regulator yang murah. Karena biasanya uang tahu barang.

Berdasarkan survey di lapangan,ditemukan banyak regulator yang harganya di bawah 50 ribu,tapi berdasarkan pengalaman,saya pernah membeli regulator gas elpiji yang harganya 30 ribu,dan ternyata kualitasnya sangat mengecewakan. Ya..sesuailah sama harganya,uang tahu barang.

3.       Pilih regulator yang otomatis.

Regulator otomatis yaitu regulator yang bisa memutuskan aliran gas ketika terjadi kebocoran. Tanda regulator gas elpiji yang otomatis,biasanya kalau kita goyangkan regulatornya,terdengar suara seperti benda kecil atau pasir di dalam regulatornya. Biasanya regulator seperti itu sudah ada otomatisnya. Tapi untuk lebih pastinya bisa anda tes menggunakan gas elpiji. Caranya, pasang regulator pada tabung,lalu anda tutup lubang untuk selangnya dengan telunjuk anda,lalu buka. Ketika dibuka,jika dari lubang regulator itu keluar gas terus (tidak berhenti), berarti regulator itu tidak otomatis. Tapi jika telunjuk dibuka keluar gas sebentar lalu berhenti,berarti regulator itu sudah otomatis.

4.       Pilih regulator yang di bagian bawahnya terdapat karet seal tambahan.

Karet seal adalah karet yang dipasang pada leher tabung. Jika karet itu di lepas,maka regulator yang biasa tidak akan berfungsi (gas akan keluar terus atau bocor). Tapi kalau anda menggunakan regulator gas elpiji yang ada karet seal tambahannya (tidak sama dengan seal yang ada di tabung), biarpun karet seal yang ada di tabungnya di lepas,kalau pake regulator ini tidak akan bocor.

5.       Untuk keperluan rumah tangga,gunakan regulator gas elpiji tekanan rendah (low pressure).

Regulator gas elpiji yang beredar di pasaran, ada 2 jenis. Yaitu regulator tekanan rendah (low pressure) dan regulator tekanan tinggi (high pressure). Regulator tekanan tinggi biasanya digunakan oleh para pedagang masakan,catering atau di rumah-rumah makan. Dan regulator yang cocok digunakan untuk keperluan ibu rumah tangga adalah regulator tekanan rendah (low pressure) seperti yang di bagikan oleh pemerintah.

6.       Pilih regulator yang mampu menempel kuat pada tabung gas.

Ketika saya survey tentang penggunaan regulator gas elpiji di daerah perkotaan dan pedesaan, ternyata banyak ditemukan regulator yang tidak menempel kuat pada tabung, dan pengguna biasanya menggunakan karet gelang pada leher tabung, atau menindih regulatornya dengan benda berat,dengan tujuan agar  regulator nya bisa menempel kuat pada tabung.

 

Untuk informasi regulator yang aman dan berkualitas, saya rekomendasikan satu regulator yang memenuhi semua kriteria diatas. Yaitu  Regulator DESTEC dan Regulator STARCAM. Untuk mengenal lebih jauh tentang Regulator DESTEC, anda bisa baca di artikel lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.

adrian
17-06-2014
Point 2 tidak selalu demikian. contohnya yang dialami ibu saya. karena termakan oleh sales yang datang kerumah mengatasnamakan p*******a dia jual regulato sampai harga 450 ribu!!!. sangat disayangkan kalau bekerja dengan cara seperti itu. untuk point 4 juga tida benar. bahkan di sni yaitu standard yang mengatur tentang spek teknis tidak disebutkan adanya penambahan seal pada bagian bawah regulator. karena regulator yang tanpa tambahan seal dibawahnya kalau memang sudah sesuai sni maka dijamin regulator itu aman.
Admin
Terimakasih atas masukannya.. silakan baca artikel kami yang lain, salah satunya yang ini http://www.royciesta.com/ciri-ciri-oknum-sales-regulator.htm

juli
16-11-2013
Makasi atas info dan rekomendasi regulatornya,kebetulan mau ganti regulator jg nih.. cm nggk begitu ngerti soal regulator,untung baca disini :d

lilis
22-10-2013
Thanks infonya bagus banget,, saya mau ganti regulator.

rofi
24-08-2013
Makasih nich atas infonya yaa.

dimas
22-05-2013
Thx ya, info + rekomendasinya. siang tadi regulator sy rusak. jarum penusuknya sudah longgar.. so, ada niat ganti br krn sudah 4th terpakai


[1]


Copyright 2011 royciesta.com
royciesta.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap